8 December 2011

MAICIH : Emak hadap samping dan Emak hadap depan




Foto di atas adalah kripik maicih dengan gambar Emak yang hadap samping dan satunya Emak hadap depan. Mana Maicih asli? Apakah salah satunya palsu?

Ternyata tidak sodara, tidak ada yang palsu =) dua-duanya memang Maicih. Intinya adalah perusahaan Maicih pecah karena perbedaan Visi. Saat ini CV Maicih dikelola oleh Dimas Ginanjar “Bob Merdeka”, sedangkan PT Maicih Inti Sinergi dikelola oleh Reza” Axl” Nurhilman.

Saya ingin mengulik keduanya :

Maicih hadap depan, secara packaging berbeda dibandingkan Maicih hadap samping.
Yang pertama jelas logo Emaknya. Terus setiap membeli Maicih hadap depan pelanggan juga mendapatkan paperbag seperti ini




Di belakang paperbag tercantum ini :






Setelah membaca blog Salamatahari yang menuliskan hasil wawancara dengan Bob Merdeka pemilik Kripik Maicih hadap depan saya jadi tau kalau mereka punya program repackage. Siplah



sama - sama ada izin Diknesnya. ada keterangan beratnya.

Kemarin saat saya memesan Maicih hadap depan kepada distributor resminya di Jember kesan yang saya dapatkan dari awal tidak sesuai dengan hasil wawancara Bob yang mengatakan Maicih hadap samping melemparkan isu bahwa mereka Maicih palsu. (ruwet?) saya jelaskan langsung deh : distributor resmi maicih hadap depan ini ngata-ngatain maicih hadap samping palsu :( sungguh kecewa saya melihat sikapnya ini. hmmm ya sudahlah ya...

balik lagi, soal rasa nih, setelah melakukan penelitian terhadap Maicih dengan level yang sama hasilnya adalah SAYA LEBIH SUKA MAICIH HADAP SAMPING =) ternyata teman-teman saya yang lain pun juga begitu. Lebih suka yang hadap samping. Rasanya lebih gimana gitu (Ah memang soal rasa tidak bisa dibahasakan ya... oya maicih samping dan depan menggunakan singkong yang berbeda, ketebalannya juga berbeda loh.

Kemarin saya juga bertemu dengan Octora Permata. Oki, panggilan akrabnya awalnya adalah Ichiers. Dulu saat di Jember belum ada Maicih Oki biasanya beli di Surabaya. Selanjutnya Oki ditawari untuk jadi Jendral Maicih di Jember. Bisnis ini sudah ia tekuni 4 bulanan dengan sistem gentayangan dan juga ngesot.





Salah seorang pelanggan menghampiri mobil Oki




Mobil Oki penuh Maicih


Oki adalah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Jember. Kalau kuliah gak padat Oki biasanya gentayangan 2 kali sehari, kalau libur bisa 3 x. Kata Oki 3000 Maicih bisa habis gak sampe sebulan. Minimal Oki bisa mendapatkan 4 juta sehari.





Oki di belakang Mobilnya dengan Maicih yang semakin menyusut laris manis dibeli ichiers


Menurut saya memang baguslah marketing Maicih hadap samping ini. Gentayangan muter-muter di tempat yang berbeda sedangkan yang satu lagi setau saya Cuma stay di 1 tempat (untuk Jember di Jalan Swirijaya dekat Univ Muh Serudji), juga nitipin Maicih di toko-toko gitu.

Untuk terjun di bisnis ini Oki bercerita ia mengikuti pelatihan Jendral Maicih di Bandung.
Oya, katanya fenomena Maicih hadap depan dan hadap samping ini akan diproses di meja hijau loh -___- segitunya ya




salah satu varian maicih yang lain yang saya suka : gurilem

16 comments:

  1. owh dua2nya asli toh :O
    akhirnya misteri terpecahkan :D
    tuh kan di tampilan laptopku ada data html-nya lagi

    ReplyDelete
  2. hore, berhasil ! berhasil *lompat ala Dora

    aduduh gimana dong ya caranya biar gak muncul gitu lagi ? -__-

    ReplyDelete
  3. jeng, yang ini sudah sehat :) udah dibenerin barusan hehe

    ReplyDelete
  4. ah puzing,mana yg asli mana yg palsu!!
    akhirnya beli aja yg laen namanya KR!K3R stelah sy banding banding ternyata enak skali,
    Sorry yah Mak!!abis gak jls Sih brand maicihnya.

    ReplyDelete
  5. Untuk penjualan saya rasa maicih hadap samping lebih baik karena memiliki strategi marketing yang baik daripada hadap depan.

    Dan cara memperlakukan konsumen saya lebih suka hadap samping milik pak AXl, karena lebih baik dan ramah daripada yang hadap depan. Tidak pernah bertanggung jawab dengan isi produknya.

    ReplyDelete
  6. mneurut saya lebih sehat maicih hadap depan karena tdk menganudng mecin yg terlalu banyak sdgkan maicih samping terlalu banyak mecin dan pedasnya itu cenderung pahit

    ReplyDelete
  7. maicih logo depan sehat warnanya alami tidak merah karena pewarna berlebihan, bumbunya alami gk pasaran akalu samping sudah keras bumbunya apasaran menang di pedas

    ReplyDelete
  8. maichihnya kog gag jualan lgi skng?????
    akku udah nunggu lama...!!!!!
    :(

    ReplyDelete
  9. haha maicih terkenal banget padahal itu asalnya nama emak-emak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nope. maicih itu bukan nama emakemak tp MAK-ICIH. Icih it nama dompet gt katanya...lengkapnya search di google

      Delete
  10. aaah lg search2 di internet ttg maicih samping eh nemu artikel ini. yup, saya setuju banget kalo bilang maicih samping lebih enak, secara pedasnya lbh oke. saya rasa kalau maicih hadap samping itu gapapa dimakan asal jangan sering =)) tp kalau masalah pack nya emang lbh bagus si bob secara dia pake paperbag dan jg kayanya si bob ini dendem kesumat ya sama si axl gara2 maicihnya lbh laku si axl, pdhl maicih yg buat itu dia. haha, nice post

    ReplyDelete
  11. maicih hadap samping itu bunbu royco bukan siih????

    ReplyDelete
  12. Mau Camilan yg sehat? cb mampir kesini deh jng lupa follow via twitter @djaekraak thengkiessss salam kenal :)

    ReplyDelete
  13. Aduuuh...jadi ngiler nih lihat gambarnya :D

    ReplyDelete
  14. Secara umum 2-2nya punya kelebihan masing-masing, tapi yang saya tau maicih hadap depan sedang melakukan banyak perubahan besar, semoga tahun 2017 maicih hadap depan akan kembali bangkit lagi!

    ReplyDelete
  15. Lebih enak maicih hadap depan. Rempah2nya bnyk. Rasa pedesnya luar biasa. Top buat maicih hadap depan.

    ReplyDelete