11 October 2011

Mengenang jajanan SD bagian 1 => ARBANAT / RAMBUT NENEK / ARUM MANIS


Barusan lagi bengong di kosan tiba-tiba dengar suara dari kejauhan. “NGIIIIK NGOOOOK NGIIIIK NGOOOO”. Suara seperti orang main biola. Itulah khasnya tukang arbanat atau rambut nenek yang kadang disebut arum manis juga. Arbanat ini adalah salah satu dari sekian banyak jajanan SD yang saya rindukan. Setau saya warnyanya ada dua : putih dan pink


Ini adalah Pak Sujari sang penjual =)



Pak Sujari lahir pada tahun 1952 dan beliau sudah menjual arbanat sejak tahun 1973. Biasanya beliau berjualan keliling SD-SD di Jember, kadang juga ke sekitar Kampus Universitas Jember, kadang ke perumahan-perumahan. Beruntung sekali saya karna tukang arbanat di era ini sangat jarang sekali ditemukan. Bahkan teman saya yang rumahnya dipelosok Jember bercerita sudah bertahun-tahun desanya tidak didatangi tukang arbanat.


Sebenarnya lebaran kemarin kakak saya membawa oleh-oleh arbanat juga. Tapi rasanya beda, soalnya arbanat yang kakak bawa halus sekali. Ini yang dikasih kakak :



Arbanat yang dijual Pak Sujari rasanya sama persis seperti arbanat yang saya makan saat SD. Ada sensasi ketusuknya gitu =P Arbanat yang asli begini kan memang tajem-tajem hehe

Sebelum berpisah saya meminta Pak Sujari untuk memainkan alat musik yang entah apa namanya itu. Suaranya sangat mirip biola. Senarnya hanya ada 2. Pak Sujari bikin sendiri loh. Hebatnya lagi ternyata alat itu bisa dipakai untuk memainkan lagu pop anak-anak =)





20 comments:

  1. Saya bisa melihat sisi yang baik dari tulisan ini :)

    semangat terus ya mbak :D
    saya dulu suka jajan itu juga :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. kok di laptopku paragraf kedua muncul kode html-nya mbak ? apa karena laptopku jadul ya :P

    ada warna kuning jugaa >.< enak sih cuma udahnya gatel tenggorokan :(

    ReplyDelete
  4. wah iya kah? kok aneh ya? di aku baik-baik aja soalnya paragraf kedua. Masa beda laptop ngaruh jeng?


    iya betul itu, gatel terus batuk-batuk biasanya kalo kebanyakan makan itu hihi tapi ya kita kan waktu kecil gak mikirin itu, yang penting enaknya :) hihi

    ReplyDelete
  5. nuri akmal irmantiyo12 October 2011 at 21:30

    itu arbanatnya merah bgt warna nya... kebanyakan pewarna tuh mbak...

    btw judul lagunya apa mbak yang di mainin..

    ReplyDelete
  6. who's taking the picture? i love cotton candy so much. sadly I really miss those kind of cotton candy because i cant find it in my area,,
    by the way, mind to visit and follow me? I'll follow you back then! :)

    ReplyDelete
  7. Wah ini saya suka sekali. :D

    Jajanan ini mencair begitu di mulut. :)

    ReplyDelete
  8. Pramudita Puspita : semua foto saya yang motret :) wah saya memang sengaja gak follow blog siapa-siapa hehe:)

    Asop : betul, habis makan ini lidahnya merah hihi

    ReplyDelete
  9. …..BERBAGI INFO TNTANG ORDER ARBANAT/RAMBUT NENEK DAN ARUM MANIS….
    …hubungi Dina / 085785542221 untuk memesan,,
    ..harga mulai Rp 7.000,- minimal order 5 pcs untuk daerah luar kota malang.

    ReplyDelete
  10. semoga laris jualannya mbak dina :)

    ReplyDelete
  11. semoga laris jualannya mbak dina :)

    ReplyDelete
  12. ..terima kasih mbak elfira..

    ..order yukzzz....

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum..Saya Jia dari Sabah..waktu kecil dulu saya suka makan manisan ini..Ada pakcik yg akan berjalan sambil membawa tin besar yg berisi arum manis & membunyikan lonceng...saya kira dia orang Indonesia tp ntah kemana hilangnya mungkin pulang semula ke Indonesia..beruntung rasanya pernah menikmati makanan asli Indonesia ini...kami ingat manisan ini dibuat dari tebu yg dijemur..rupa2nya salah

    ReplyDelete
  14. Mbak ira, kita ketemu di blog
    Mampir ke blogku ya mbak

    ReplyDelete
  15. arbanat diapit jajan kering titip kalo orang malang sebutnya PIRING TERBANG

    ReplyDelete
  16. Buat yang suka jajan ini, saya sarankan coba juga Soan Papdi dari India. Mirip arbanat, tapi ada rasa susu + beberapa rempah-rempah lainnya.

    ReplyDelete
  17. mantaaap..... ini jajanan faforit saya dari jaman saya SD sampai sekarang,, tp ada satu lagi selain aromanis yaitu gulali heheheh ,,,, indonesia punya,,,

    ReplyDelete