27 February 2013

7 Bangunan dengan warna terburuk di Situbondo versi Elfira

Bentuk dan komposisi suatu bangunan bisa membuat orang takjub, kagum, memaki bahkan sampai mengernyitkan dahi. Menurut saya warna juga menjadi salah satu komponen kuat yang mendukung hal tersebut. Sesuai judul saya akan mengulas 7 bangunan dengan warna terburuk di Situbondo versi saya. Tidak bermaksud menyinggung karena ini murni pendapat saya dalam melihat sesuatu yang berhubungan dengan estetika. Soal rasa, anda bisa setuju atau pun tidak karena setiap orang tentunya punya kacamata berbeda dalam melihat berbagai hal. Soal rasa juga relatif kan? :)

 Semua foto saya potret pada tanggal 24 Februari lalu



Yeah, ini sekolah saya : SMA Negeri 1 Situbondo. Lihat perpaduan warna bangunan dan pagar temboknya, tidak sedap dipandang mata. Gedungnya sih oke, tapi pemilihan warnanya yang kacau menurunkan nilai estetiknya. Salah seorang teman saya malah berpendapat ini tampak seperti arena kolam renang.



Rumah Sakit Elizabeth PTPN XI
Dulunya saya sangat mengagumi salah satu bangunan tertua di kota ini, sayangnya dekorasi ulang beberapa tahun lalu membuat saya malas memalingkan muka saat melewatinya. Lihat baik-baik foto ini, berantakan sekali padanan warnanya



Perpustakaan Umum Situbondo
Ini salah satu tempat favorit saya waktu SMA. Sudah 2 bangunan yang saya lihat gagal memadupadankan warna biru dan kuning.



TK dan PAUD Kemala Bhayangkari
Bangunan untuk anak kecil biasanya identik dengan warna-warna yang menimbulkan keceriaan. But i think it is too much



Masjid Agung Al – Abror
Setau saya Kaidah Arsitektur Islam  antara lain adalah
1) Di dalam dan luar bangunan tidak terdapat gambar/ornamen yang makhluk hidup yang utuh
2) Di dalam dan luar bangunan terdapat ornamen yang mengingatkan kepada Allah SWT.
3) Hasil desain bangunan tidak ditujukan untuk pamer dan kesombongan.
4) Pengaturan ruang-ruang ditujukan untuk mendukung menjaga ahlak dan perilaku.
5) Posisi toilet tidak dibolehkan menghadap atau membelakangi kiblat.
6) Keberadaan bangunan tidak merugikan tetangga di sekitar
7) Pembangunan sampai berdirinya bangunan seminimal mungkin tidak merusak alam.
8) Menggunakan warna yang mendekatkan kepada Allah, seperti warna-warna alam.
Biasanya dalam suatu kota yang namanya Masjid Agung selalu membuat saya terpukau, tapi sayangnya tidak di kota saya sendiri. Ornamen dan warna yang ada di kubahnya sih menarik, tapi terasa gak sinkron dengan warna dindingnya yang pucat. Masjid ini memang belum selesai sih... 



Gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo
Teman saya bilang ini tampak seperti pabrik teh



Gedung Serbaguna GOR Baluran
Lagi-lagi gagal menempatkan warna biru

Teman saya, seorang arsitek yang sependapat dengan soal ulasan saya mengenai pewarnaan 7 bangunan ini bilang "Ini fenomena perampasan kreativitas. Mungkin hanya sekedar suka dan tidak suka... Padahal tanpa sadar peristiwa ini meracuni kebersahajaan visual orang orang di sekitarnya"

Semoga saja selanjutnya pewarnaan bangunan-bangunan di Situbondo menjadi lebih menarik lagi

Oya selain ini saya juga sudah menyusun 7 bangunan terbagus di Situbondo


9 comments:

  1. ^_^ ...
    NOMOR 1

    Sekolah Ane dan tempat kerja ane tuh .... SMAN 1 Situbondo ... xixiixix


    ReplyDelete
  2. SENI adalah mencuri ide orang lain . atu REVOLUSIONER ^_^ ....

    ini kutipan motto di skripsi ane :) :)

    ReplyDelete
  3. EMANGNYA YANG BAGUS KAYAK APA

    ReplyDelete
  4. EMANGNYA YANG BAGUS KAYAK APA

    ReplyDelete
  5. aku lebih mengagumimu. mantap!

    ReplyDelete
  6. Kalo menurut saya, menurut saya loh ya sis... :)

    Gak buruk kok, cuma eye catching sedikit.. Nyolok di mata kata laennya hahahah...

    Kaya gambar rumah sakit di atas itu rasanya jreng banget utk sebuah rumah sakit. Cuma mungkin pihak pengelola sengaja membuat cat dengan warna yang mencolok seperti itu agar mendapatkan perhatian lebih banyak. :D

    Salam kenal dari saya, jika sudi, mampir ya ke
    Blog saya atau ke blog komunitas saya

    ReplyDelete